Al Unser Sr: The Ageless Record Holder

Al Unser Sr: Pemegang Rekor Awet Muda

Al Kami Sr

Indy 500 telah memberi kita banyak pahlawan balap tetapi hanya sedikit yang akan menyamai pencapaian Al Kami Sr. Untuk umur panjang semata, prestasinya akan sulit ditandingi dalam olahraga yang, di zaman modern ini, merupakan permainan anak muda.

Biografi Al Unser Sr akan memberi tahu kita bahwa dia adalah orang tertua yang pernah memenangkan Indianapolis 500 tetapi ada banyak momen balap hebat dalam karirnya yang akan kita soroti.

Dini hari

Al Unser lahir di Albuquerque, New Mexico pada 29 Mei 1939 di keluarga Unser, yang kemudian menjadi keluarga balap mobil yang berdedikasi. Saudara laki-lakinya, Robby dan Jerry, juga akan bersaing di tingkat yang lebih tinggi, sementara putra Al, Al Unser Jr, juga ingin menyamai prestasi ayahnya.

Ayah Al Unser, Jerry dan saudara laki-lakinya Joe dan Louis Unser juga pembalap sehingga keunggulan kompetitif ada dalam darah keluarga. Pada hari-hari awal olahraga yang berbahaya, keluarga, seperti banyak orang lain, dirusak oleh tragedi: Joe Unser tewas dalam pengujian pada tahun 1929 sementara saudara laki-laki Al, Jerry Unser, juga kehilangan nyawanya pada tahun 1958 selama sesi latihan.

Tidak terpengaruh, Al Unser dan saudaranya Bobby mengambil obor keluarga Unser dan mereka segera membuat terobosan ke dalam olahraga profesional.

Terobosan Awal

Karir balap Al Unser dimulai pada tahun 1957 ketika dia baru berusia 18 tahun dan, setelah berkembang melalui disiplin kecil, dia siap untuk hal-hal yang lebih besar. Indy 500 pertama Unser datang pada tahun 1965 dan finish yang terhormat di urutan ke-9 di bidang yang kuat menunjukkan bahwa dia berada di jalur untuk karir yang mengesankan di dunia balap.

Al terus maju dan tampaknya yakin bahwa dia akan memenangkan Indy 500 di beberapa titik tetapi saudaranya Robby hanya mengalahkannya untuk itu. Pada tahun 1968, Robby Unser mengambil trofi tetapi Al Unser Sr akhirnya berhasil melewati batas dua tahun kemudian.

Indy 500 tahun 1970 menampilkan performa balapan yang dominan dari Al Unser Sr, yang memulai dari posisi terdepan, dan memimpin untuk semua kecuali sepuluh dari 200 lap. Di sekitar trek, ia rata-rata memiliki kecepatan 155,749 mil per jam sementara pit stop yang cepat membantu kesuksesannya. Unser Sr memenangkan rekor 10 kali di trek oval, jalan dan tanah musim itu.

Al Unser Sr berhasil mempertahankan gelar Indy 500-nya dengan kemenangan pada balapan tahun 1971 tetapi ia nyaris gagal menjadi orang pertama yang memenangkan perlombaan selama tiga tahun berturut-turut. Pada tahun 1972, ia selesai di tempat kedua di belakang Mark Donohue tetapi bergerak maju, ia adalah orang yang harus dikalahkan sejauh menyangkut bidang balap lainnya.

Sukses Berkelanjutan dan Pemecah Rekor

Tahun 1970-an hanya akan membawa satu kemenangan lagi di Indy 500 pada tahun 1978 tetapi ada banyak keberhasilan di tempat lain untuk Al Unser. Karir Champ Car-nya menghasilkan finis pertama pada tahun 1970 dan 1980-an dengan kemenangan pada tahun 1983 dan 1985. Dia juga akan menyelesaikan karir balapnya sebagai pemenang Daytona 24 jam sehingga dia jelas mampu memadukan kecepatan dengan ketahanan balap.

Unser akan tetap kompetitif di Indianapolis 500 dan bahkan ketika dia tidak menang, dia menetapkan tolok ukur untuk diikuti orang lain di masa depan. Ketika akhirnya pensiun pada tahun 1983, Al Unser Sr telah memimpin balapan dengan total total 644 lap dan itu rekor.

Karier di Indy 500 itu akan berlangsung selama 28 tahun tetapi pada tahun 1987, ia membuat rekor balapan lain yang bertahan selama lebih dari 30 tahun. Pada musim itu, Al Unser senior menjadi pemenang Indy 500 sebanyak empat kali namun pada kesempatan ini, ia menjadi juara Indy Car tertua yang pernah ada.

Unser menang pada usia 47 dan karenanya mengalahkan rekor balapan Indy Car sebelumnya – yang dibuat oleh saudaranya Bobby Unser – dua tahun. Itu adalah pencapaian yang luar biasa – dibuat lebih besar lagi dengan fakta bahwa ia telah dijatuhkan oleh tim aslinya dan pergi ke awal Mei tanpa tumpangan. Bertekad untuk bersaing, Al Unser terus mencari kursi balap dan akhirnya diambil oleh tim Penske sebelumnya.

Unser Sr harus bersabar: Dia memulai di posisi ke-20 dan tidak memimpin sampai lap ke-183 ketika Roberto Guerrero terhenti di pit. Akhirnya, ia pulang dengan keunggulan 4,5 detik atas paket pengejaran untuk mengklaim balapan hanya lima hari sebelum ulang tahunnya yang ke-48. Al Unser Sr akan terus berkompetisi di Indy 500 hingga 1993 dan sementara dia tidak akan mengklaim kemenangan lagi, tempatnya dalam sejarah motorsport sudah terjamin.

Menjaga dalam Keluarga

Al Unser Sr: Pemegang Rekor Awet Muda

Keluarga Unser

Kami telah melihat karir Al Unser Sr dan sementara kami telah secara singkat menyebutkan keluarganya, kami belum menggarisbawahi kekuatan apa yang dimiliki Unsers di motorsport. Antara Al Unser Sr, saudaranya Robby Unser dan putranya Al Unser Jr, mereka telah memenangkan balapan Indianapolis 500 tidak kurang dari sembilan kesempatan sebelumnya.

Ini adalah rangkaian karir yang luar biasa dalam keluarga Unser, tapi mungkin yang paling luar biasa dari sembilan kemenangan Indianapolis 500 diberikan oleh Al Unser Jr yang memegang rekor margin kemenangan tersempit di Indy 500. Pada tahun 1992, Unser Junior memenangkan acara tersebut dengan skor yang hampir tidak dapat dipercaya hanya 0,043 detik. Secara efektif, ini berarti bahwa Al Jr mengklaim kemenangan mobil Indy kurang dari satu meter dan sekali lagi, ini adalah rekor keluarga Unser yang mungkin tidak akan pernah ada bandingannya.

Warisan

Al Unser Senior akhirnya pensiun dari trek balap pada tahun 1994: Veteran balap secara efektif dijatuhkan oleh Penske Racing pada tahun 1990 tetapi terus mencari tumpangan di tiga musim berikutnya. Pada tahun 1992, ketika Al Unser Jr menang dengan margin balap yang sangat tipis, Al Unser Sr benar-benar pulang ke tempat ketiga setelah menggantikan Nelson Piquet yang cedera di mobil Team Menard.

Bahkan pada tahap yang begitu maju dalam karir balapnya, Al Unser Sr tetap kompetitif tetapi akhirnya, pada usia 54, ia memanggil waktu dan meninggalkan kemudi.

Di kemudian hari, ia mendirikan museum Al Unser yang merayakan keberhasilan balap mobil keluarga Unser di Albuquerque, New Mexico sambil memuat beberapa pameran yang luar biasa. Ini adalah bukti bagus dan warisan untuk karir balap yang luar biasa, tetapi Unsers belum selesai. Cucu dan keponakan Al Unser bersaing agar kami bisa melihat lebih banyak barang perak di lemari piala museum.