Richard Petty: All Hail the King

taruhan nascarAda beberapa yang luar biasa NASCAR pengemudi selama bertahun-tahun tetapi hanya satu orang yang disebut sebagai ‘Raja’. Namanya adalah Richard Petty dan, ketika kita melihat kembali karir yang panjang, kami akan menyarankan bahwa gelarnya benar-benar dibenarkan.

Untuk umur panjang saja, Petty adalah sosok yang luar biasa yang telah membalap secara profesional dari tahun 1958 hingga 1992 dan dalam waktu itu, ia mencatat banyak prestasi yang menjadikannya legenda olahraga sejati. Mari luangkan waktu sekarang untuk melihat kembali karir itu dan melihat mengapa Richard Petty memiliki gelar agung yang melekat pada namanya.

Keluar di Kutub

Penggemar NASCAR akan tahu bahwa olahraga ini memiliki sejarah panjang dan telah melewati nama-nama sebelumnya di masa lalu. Richard Petty adalah kekuatan di pendahulunya – memenangkan seri Grand National pada tahun 1964 dan 1967 sebelum mengklaim Seri Piala Winston tidak kurang dari lima kali antara tahun 1971 dan 1979.

Jika kita mengelompokkan peristiwa-peristiwa itu dan menyebutnya hanya sebagai Kejuaraan NASCAR, itu berarti total tujuh kemenangan dan hanya dua pembalap lain yang telah mencapai prestasi ini. Itu membuatnya setara dengan Jimmie Johnson dan Dale Earnhardt tetapi ada banyak pencapaian lain dari karir Petty yang memberinya keunggulan.

Jika kita melihat Daytona 500, kita menemukan bahwa Richard Petty memenangkan acara ini sebanyak tujuh kali antara tahun 1964 dan 1981. Kita juga dapat menyebutkan bahwa dialah pemenangnya. pemegang rekor sepanjang masa sejauh menyangkut tiang seri dengan 123 dan dia juga memegang rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim dengan 27 kemenangan pada tahun 1967.

Tidak heran dia dilihat sebagai pembalap NASCAR terhebat yang pernah berada di belakang kemudi, tetapi bagaimana semua itu bisa terjadi?

Tahun-tahun awal

Richard Petty: Salam Raja

Richard Petty di Daytona, 1969

Balapan ada dalam darah Richard Petty dan ketika Anda melihat garis keluarganya, dia akan selalu mengikuti karir di belakang kemudi. Ayahnya adalah Lee Petty, seorang pembalap NASCAR sendiri yang memenangkan tiga gelar nasional pada 1950-an dan merupakan pemenang pertama Daytona 500.

Kakak laki-laki Lee Petty adalah Maurice Petty yang juga berpacu tetapi terutama dikenal sebagai kepala kru NASCAR. Oleh karena itu, wajar untuk mengatakan bahwa Richard Petty tidak mungkin melakukan hal lain dengan kehidupan profesionalnya.

Balapan pertama Richard Petty datang pada tahun 1958 tetapi dia harus bersabar dalam hal membuat tanda pada olahraga. 1960 adalah tahun terobosan saat ia mengklaim tempat kedua di National Points Race sebelum mengklaim kemenangan pertamanya di Charlotte Speedway. Dia sekarang dianggap serius sebagai pesaing meskipun saingannya tidak akan tahu seberapa bagus Petty nantinya.

1963 akan ditandai sebagai tahun pelariannya yang sebenarnya tetapi pada tahun 1964, Richard Petty adalah seorang juara. Dia memimpin selama 184 dari 200 lap untuk memenangkan Daytona 500 pertamanya dan pada akhir musim itu, dia telah mengklaim yang pertama dari tujuh kejuaraan seri NASCAR-nya.

Petty turun ke balap drag pada tahun 1965 selama boikot NASCAR yang meluas tetapi dia kembali setahun kemudian untuk mengambil dari tempat dia tinggalkan. Sisa dekade ini akan melihatnya perlahan mulai menguasai olahraga saat ia mengklaim dua kemenangan Daytona 500 lagi saat mengambil gelar Grand National Series keduanya secara keseluruhan pada tahun 1967.

Itu adalah 12 tahun pertama yang produktif sebagai pengemudi profesional tetapi yang terbaik belum datang.

Dominasi tahun 1970-an

Tahun 1970-an melihat Richard Petty mendominasi adegan NASCAR. Dia berada di puncak kekuatannya dan akan menang lima Kejuaraan Seri Piala Winston sepanjang dekade. Dia adalah pengemudi yang dominan dan, meskipun dia jelas tidak terkalahkan, Petty adalah satu-satunya yang ingin mereka lihat di kaca spion mereka.

Seiring dengan lima gelar kejuaraan itu, Petty akan menambahkan empat Daytona 500s dan dua World 600s ke lemari pialanya yang besar. Raja telah dipilih dengan sepatutnya dan sementara Daytona 500 lainnya akan datang pada tahun 1981, akhir dari dominasi itu sudah dekat.

Karier balap nanti

Richard Petty: Salam RajaMusim dari tahun 1980 dan seterusnya disebut sebagai tahun senja Richard Petty. Perubahan peraturan dan pergantian mobil membuatnya kurang kompetitif di sirkuit dan, sementara dia tetap aktif, dia ditakdirkan untuk tidak pernah memenangkan trofi seri NASCAR lainnya.

Dia, bagaimanapun, mengamankan beberapa kemenangan balapan terisolasi dan yang terakhir datang pada tahun 1984 ketika Petty mengeluarkan Firecracker 400 di Daytona. Akhirnya, pada tahun 1992, ia mengakhiri karir yang panjang dan terhormat.

Warisan

Kisah Richard Petty adalah salah satu yang mengagumkan tetapi dalam beberapa hal itu biasa-biasa saja. Kami tidak memiliki kisah sukses ‘kain kaya raya’ atau kisah mengatasi tragedi untuk mencapai tujuannya. Ini hanya kasus satu orang, lahir dalam balap motor, memenuhi takdirnya dan menjadi yang diyakini banyak orang sebagai pembalap NASCAR terbaik sepanjang masa.

Fakta bahwa dia membalap sampai pertengahan 40-an mengatakan banyak tentang kemampuannya untuk bersaing dan umur panjangnya di trek adalah bukti lain dari kecemerlangannya. Secara total, Richard Petty menikmati 200 kemenangan karir dan menetapkan nilai yang mungkin tidak akan pernah terkalahkan.

Di masa depan, mungkin ada beberapa orang yang berpura-pura baru tetapi hanya akan ada satu raja sejati.