Shirley Muldowney – Drag Racer

Shirley Muldowney

Shirley Muldowney

Ada sejumlah wanita yang telah membuat jejak mereka di dunia Motorsport tetapi hanya sedikit yang bisa mencapai sebanyak itu Shirley Muldowney, juga dikenal sebagai Cha Cha atau First Lady of Drag Racing. Seorang pemenang di bidang balap drag yang didominasi laki-laki, dia adalah seorang ground breaker sejati dan mengakhiri karirnya sebagai juara ganda.

Muldowney memimpin jalan untuk diikuti orang lain, tetapi mengapa dia sangat dihormati, tidak hanya oleh wanita tetapi oleh siapa saja yang pernah duduk di belakang kemudi mobil balap profesional? Baca selengkapnya di artikel biografi Shirley Muldowney ini.

Kenaikan Cepat untuk Ibu Negara Drag Racing

Tidak seperti beberapa pembalap lain yang telah kami profilkan di situs ini, biografi Shirley Muldowney tidak menunjukkan bahwa dia dilahirkan di dunia balap motor. Tidak ada saudara laki-laki, ayah, atau anggota keluarga perempuan yang membimbingnya dalam perjalanannya – hanya kecintaan pada olahraga yang memanifestasikan dirinya sejak usia sangat dini.

Lahir pada tahun 1940, dikatakan bahwa Shirley Muldowney membalap mobil jalanan di kota asalnya New York sebagai gadis muda di tahun 1950-an. Menurut pengakuannya sendiri, dia tidak tertarik pada sekolah pada saat ini dalam hidupnya dan yang dia ingin lakukan hanyalah balapan.

Antusiasme ini berlanjut dan tidak akan lama sebelum kisah balap Shirley berubah secara signifikan yang akan dengan cepat mengarah ke karier profesional. Ketika dia berusia 16 tahun, dia menikah dengan Jack Muldowney yang, sebagai mekanik yang terampil, berbagi kecintaannya pada mobil. Oleh karena itu, itu adalah kemitraan yang sempurna dalam banyak hal karena Jack akan mengerjakan mobil yang akan dia balapan.

Kisah Shirley Muldowney akan benar-benar lepas landas dan dari titik inilah dia mulai membuat sejarah.

Kemajuan Stabil

Dragster Racing selalu menjadi fokus Shirley Muldowney dan dia pertama kali berkompetisi di Florida Speedway kelas internasional pada tahun 1958. Dalam tujuh tahun, dia terus membuat tanda dalam olahraga global yang hampir secara eksklusif laki-laki dan kemudian, pada tahun 1965, Muldowney diberikan lisensi profesional dari National Hot Rod Association (NHRA). Dia adalah wanita pertama yang pernah diberikan lisensi dan dari titik ini, pembalap drag profesional Shirley Muldowney pergi dari kekuatan ke kekuatan. Tiga tanda tangan yang diperlukan untuk lisensinya diberikan oleh Don Garlits, Tommy Ivo dan Connie Kallitta.

Muldowney berganti mobil dan kelas dari waktu ke waktu dan sementara dia tetap kompetitif di strip, kesuksesan besar pertamanya harus menunggu. Akhirnya, pada tahun 1971, dia menerobos dengan mengklaim International Hot Rod Association Southern Nationals.

Menaklukkan Dunia

Shirley Muldowney telah membuat kemajuan yang stabil sejak perjalanan pertama di Florida Speedway pada tahun 1958, tetapi keputusan karier 14 tahun kemudian mengubah segalanya. 1972 melihat langkah Muldowney dari NHRA ke Top Fuel yang merupakan mobil dragster berakselerasi tercepat di dunia. Ini adalah langkah besar menaiki tangga motorsport tetapi itu adalah salah satu yang pada akhirnya harus menentukan kisah Shirley Muldowney.

Sekali lagi, Shirley Muldowney telah membuat sejarah sebagai wanita pertama yang diberikan lisensi Top Fuel tapi itu baru permulaan. Pada waktunya, Muldowney akan mulai mendominasi kelas dan tidak dapat dihindari bahwa dia akhirnya akan memenangkan Kejuaraan Bahan Bakar Teratas pertamanya. 1977 adalah tahun dia membuat sejarah tetapi kejuaraan pertama itu bukan yang terakhir baginya. Muldowney akan mengklaim mahkota Top Fuel lagi pada tahun 1980 dan 1982, dengan demikian membuktikan bahwa kesuksesannya di strip bukanlah kebetulan belaka. Dia adalah salah satu pembalap paling konsisten di kelas saat ini dan dalam tiga tahun kemenangan itu, dia adalah yang terbaik, tidak ada yang menandinginya.

Karir Nanti

Ketiga kejuaraan yang dimenangkan dari tahun 1977 hingga 1982 tidak diragukan lagi merupakan puncak dari kisah balap drag Shirley tetapi dia terus bersaing di level yang tinggi. Namun, motorsport adalah profesi yang berbahaya dan Muldowney akan mengalami kecelakaan pada tahun 1984 yang datang dengan konsekuensi serius.

Insiden tersebut mengakibatkan Muldowney menderita remuk tangan, kaki, dan panggul, dan tak heran jika jarak tempuhnya cukup lama. Enam operasi dan 18 bulan terapi diperlukan untuk mendapatkan ponselnya kembali dan baru pada akhir 1980-an dia siap untuk berada di belakang kemudi dan mengemudi.

Kembalinya itu sendiri adalah salah satu yang luar biasa dan sementara Shirley tidak bisa kembali ke tingkat kemenangan kejuaraannya, dia tetap menjadi kekuatan kompetitif di drag strip. Dia, bagaimanapun, sebagian besar tidak disponsori saat dia melanjutkan sampai tahun 1990-an dan akan menghadapi mobil dan tim yang berkinerja lebih baik. Pada akhirnya, sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2003, Muldowney kembali ke NHRA sebelum akhirnya membuka tirai karir yang luar biasa.

Kehidupan Setelah Balapan

Kami telah memamerkan karier yang cemerlang, tetapi bagaimana dengan Shirley Muldowney hari ini – apa yang ada dalam hidup setelah dia akhirnya mengosongkan kursi pembalap drag? Pertama, dia dihujani sejumlah penghargaan yang menegaskan betapa pentingnya karirnya. Penghargaan besar pertamanya datang pada tahun 1990 ketika dia masih berkompetisi, saat Muldowney dilantik ke dalam Motorsports Hall of Fame of America.

Kemudian, ketika dia akhirnya menyerah di trek, kisah Shirley Muldowney menerima penghargaan tertinggi ketika dia dilantik ke dalam Hall of Fame Olahraga Motor Internasional untuk pembalap antara tahun 1951 dan 2000. Penghargaan itu diserahkan pada tahun 2004 dan itu pantas cara untuk menandai pencapaiannya tapi itu bukan akhir dari segalanya.

Sampai hari ini, Shirley menjalankan badan amal yang dikenal sebagai Shirley’s Kids yang membantu anak-anak yang membutuhkan di mana balap drag sudah menjadi bagian dari komunitas.

Fakta itu mengakhiri biografi Shirley Downey kita sendiri, tetapi ada cara untuk mengetahui lebih banyak tentang pengemudi yang luar biasa ini. Seiring dengan banyak keberhasilannya di trek, dia adalah salah satu pembalap pertama yang pernah membuat film tentang hidupnya. Film biografi tahun 1983, Shirley Muldowney “Heart Like a Wheel” menampilkan Beau Bridges dan juga Bonnie Bedelia yang mengambil peran utama. Muldowney sendiri memiliki perasaan campur aduk tentang film tersebut tetapi mengakui bahwa itu bagus untuk olahraga. Di antara film-film balap baru seperti Rush dan Ford vs Ferrari, Heart Like a Wheel mungkin lebih sulit dilacak, tetapi ada baiknya mencari bukti lain tentang karir balap drag Shirley Muldowney yang luar biasa.